dNWv7S2bxhSzohZDGi4JQgKINhk Cara Mengatasi Masalah Komputer Yang Tidak Bisa Hidup/Start Up

Cara Mengatasi Masalah Komputer Yang Tidak Bisa Hidup/Start Up

Diposkan oleh Eep Rachman on Senin, 25 Februari 2013


Pernahkah sobat mengalami masalah komputer sobat yang tiba-tiba tidak bisa dihidupkan/tidak bisa start up ?, padahal sebelumnya tidak ada gejala-gejala kerusakan pada komputer sobat. Bagi sebagian sobat mungkin hal ini menjadi hal biasa dan cara memperbaikinya juga pasti sudah paham betul. Tapi mungkin juga sebagian sobat ada yang mengalami hal seperti itu tapi masih bingung bagaimana cara mengatasi masalah tsb.

Nah sobat bloger kali ini saya akan share tentang pengalaman saya dengan masalah ini.
Pagi-pagi seperti biasa ketika saya akan menghidupkan komputer terjadi hal yang aneh pada komputerku, komputerku tidak bisa booting seperti biasanya, semua kipas pendingin dalam CPU berputar normal, tapi lama sekali saya menunggu suara 'beep' tidak juga terdengar, begitu juga monitor tidak mau terbuka. Padahal   tadi malam komputer berjalan normal tidak ada tanda-tanda kerusakan. Akhirnya saya coba keliling-keliling di kang Google dan Alhamdulillah saya dapat solusi yang bisa dipraktekan dan terbukti manjur.

Baiklah akan saya jelaskan cara-caranya ya :
  • Pertama tama cabut semua kabel yang terhubung ke komputer. 
  • Buka penutup casing CPU dan perhatikan baik-baik apakah ada komponen yang terlepas, kabel yang  hangus/terputus, atau tanda-tanda kerusakan komponen lainnya.
  • Bila semua komponen terpasang dengan benar dan tidak ada tanda-tanda kerusakan fisik hardware, lepaskan RAM kemudian bersihkan konektornya (logam kuning di bagian bawah RAM ) menggunakan penghapus pensil, kemudian bersihkan dengan kwas halus.
  • Lepaskan VGA Card, kemudian bersihkan konektornya seperti membersihkan konektor RAM tadi, yaitu menggunakan penghapus pensil lalu dibersihkan pake kwas halus. Bersihkan juga konektor RAM dan konektor VGA Card di Mainbord dengan kwas halus sambil di tiup-tiup agar debu dan kotoran halus bersih. (bila komputer sobat hanya menggunakan VGA on board lewati bagian ini )
  • Lepas kabel-kabel yang terhubung ke Mainboard dan Harddisk, bersihkan semua konektor nya kemudian pasang kembali dengan benar.
  • Bila semuanya sudah bersih pasang kembali RAM dan VGA pada tempatnya dengan benar. Perhatian ! bila sobat memasang RAM kurang pas /miring /tidak masuk sebagian, hal ini akan menyebabkan RAM rusak, jadi pemasangan RAM , VGA, atau komponen lainnya harus benar-benar diperhatikan untuk menghindari hal-hal yang tidak diinginkan.
  • Langkah terakhir adalah tutup kembali penutup casing CPU dan pasang kembali semua kabel, dan cobalah sobat hidupkan komputer. Biasanya komputer langsung hidup dan berjalan normal kembali
Itulah sedikit tips dari saya mengenai komputer yang tiba-tiba tidak mau start up.Untuk permasalahan komputer yang disebabkan virus atau kerusakan hardware akan saya coba bahas di postingan berikutnya.
Semoga bermanfaat buat sobat semua..........Wasallam.
Ditunggu komentarnya....

{ 18 komentar... read them below or add one }

EDI PURNOMO mengatakan...

SALAM GAN......
PUNYA SAYA SIH BUKANNYA GAK BISA START UP, tapi sering start up yg di PC q gak bisa start up, kadang bisa kadang nggak. Hal ini karena kira2 hardware yg mana ya ? karena klu windowsnya sih, q baru install, sudah 2x malah...

Samiyo Dindin mengatakan...

jika masih tidak nyala bagaimana? padahal cpu kipasnya muter tapi selalu saja tidak ada tampilan di monitor makasih infoya

mampir juga di http://bongkardong.blogspot.com

nando kipli mengatakan...

punya saya windows nya udah jalan tapi pas mw starting,, restart lagi gitu-gitu aja gan ...??
gmn ne ???

Vhynix Trio mengatakan...

@ Samiyo Dindin
Itu mungkin karena power suplynya panas dan itu harus ditunggu sampai kembali normal panasnya

raja listrik mengatakan...

thanks gan informasinya....
http://www.rajalistrik.com

Ardhy Prasetyo mengatakan...

kalau PC saya setelah saya hidupkan cuma muncul tulisan hitam putih isinya kapasitas memory, harddisk, dll.. trus yang bawah sendiri ada tulisan entering load.. gitu terus & nggak bisa masuk windows.. itu kenapa ya??

Sutra Blue mengatakan...

Install ulang PC =D

Arminaven Gayo mengatakan...

makasi infonya gan, kunjungi juga blog ane

http://arminaven.blogspot.com/2013/08/bisnis-onine-terpercaya-ebook-teknisi.html

Achmad Cahya Aditya mengatakan...

Sipp gan, lihat versi saya yaa :

http://top-ilmu.blogspot.com/2013/11/penyebab-komputer-tidak-bisa-booting.html

Makasih

Nyong Ewin mengatakan...

Sy pux. Sdah d brsihan smuax..... Bisa xla tp pke mngkin 1 jm Blank lg...it gmna?

Anresta De Seruni mengatakan...

ini ada garis seperti garis biru, lalu dak gerak sama sekali gimana, di restart tetep dak mau masuk windows, bisa masuk lalu dak gerak, gitu terus. tampilan monitor jadi ada gambar atau garis yang gerak, gimana gan?

Baim Fadil mengatakan...

Gan klo komputer ane ga bs idup lmpu power nyala trs ga lama kmudian mati lgi, itu knp ya gan????

ushida mengatakan...

klo gk mau hidup sm sekali gan gmn,
di mainboard yg baru kan sekarang ad lampu jadi kelihatan klo arus dari power supply gk masuk pasti gk hidup lampu mainboardnya, tp nie anehnya hidup lampu mainboard, smua kabel sudah benar dipasang memory sudah dicek,, hardisk sudah dicek jg gnti power supply n memory jg sudah tp g hidup jg

Haviz Alviano mengatakan...

Maaf gan ...
Saya mau tanya .

Punya saya pas ngelakuin langkah langkah yang udh di post ama agan , masih tetep gk bisa gan ....
Itu knp yah ?

Tolong dong bantuin saya gan ....
Saya kebingungan ..
Masalah hardware juga gk ada gan ...

zay yadi mengatakan...

kaLo instaL uLang HDD PC.
kira kira bisa normaL Lagi ga gan ?
kebanyakan ga bisa bootng itu pasti dari
POWER SUPLAY , AWALNYA SUKA HANG' RESTARD DENGAN SENDIRINYA .
alhasil HDD RAM VGA juga ikut ikutan rusak
HARDDISK jadi bad sector .

wa2n tips mengatakan...

Peluang Bisnis Dahsyat Yusuf Mansur.
Segera Amankan Posisi Anda, Segera JOIN bersama
Komunitas VSI , bisnis terbaru Ustadz Yusuf Mansur
Dengan Produk V-pay ( Virtual Payment ) Anda akan
dimudahkan dalam hal urusan pembayaran listrik,
telpon, pulsa, PDAM, TV Berbayar, Internet, Asuransi,
Kartu Kredit dan lain-lain. Transaksi dapat dilakukan
melalui Website, SMS, Android, BlackBerry, iPhone dan YM.
Penasaran Dengan Bisnis Ustd. Yusuf Mansur ini Kunjungi Website: KLIK DISINI

Sadam Sarif mengatakan...

Trimakasih tipsnya sekarang komputerku ssdh kembali normal.

Muhammad Faizar mengatakan...

mas saya mau nmpang tnya ,. saya punya laptop nyalamah bisa tpi gk kluar gmbarnya harus menunggu laptopnya panas baru kluar gmbarnya tpi di situ saya gk ngrtinya gk muncul windowsnya.. sya klik F8 tuh gk ada isi hard drive hard disk cd/dvd rom bahasa dan jam juga gk ada .. apa tuh mas pnyakitnya .. mhon bntuannya ??

Poskan Komentar