dNWv7S2bxhSzohZDGi4JQgKINhk Cara Mengatasi Masalah Komputer Yang Tidak Bisa Hidup/Start Up

Cara Mengatasi Masalah Komputer Yang Tidak Bisa Hidup/Start Up

Diposting oleh amanah69 on Senin, 25 Februari 2013


Pernahkah sobat mengalami masalah komputer sobat yang tiba-tiba tidak bisa dihidupkan/tidak bisa start up ?, padahal sebelumnya tidak ada gejala-gejala kerusakan pada komputer sobat. Bagi sebagian sobat mungkin hal ini menjadi hal biasa dan cara memperbaikinya juga pasti sudah paham betul. Tapi mungkin juga sebagian sobat ada yang mengalami hal seperti itu tapi masih bingung bagaimana cara mengatasi masalah tsb.

Nah sobat bloger kali ini saya akan share tentang pengalaman saya dengan masalah ini.
Pagi-pagi seperti biasa ketika saya akan menghidupkan komputer terjadi hal yang aneh pada komputerku, komputerku tidak bisa booting seperti biasanya, semua kipas pendingin dalam CPU berputar normal, tapi lama sekali saya menunggu suara 'beep' tidak juga terdengar, begitu juga monitor tidak mau terbuka. Padahal   tadi malam komputer berjalan normal tidak ada tanda-tanda kerusakan. Akhirnya saya coba keliling-keliling di kang Google dan Alhamdulillah saya dapat solusi yang bisa dipraktekan dan terbukti manjur.

Baiklah akan saya jelaskan cara-caranya ya :
  • Pertama tama cabut semua kabel yang terhubung ke komputer. 
  • Buka penutup casing CPU dan perhatikan baik-baik apakah ada komponen yang terlepas, kabel yang  hangus/terputus, atau tanda-tanda kerusakan komponen lainnya.
  • Bila semua komponen terpasang dengan benar dan tidak ada tanda-tanda kerusakan fisik hardware, lepaskan RAM kemudian bersihkan konektornya (logam kuning di bagian bawah RAM ) menggunakan penghapus pensil, kemudian bersihkan dengan kwas halus.
  • Lepaskan VGA Card, kemudian bersihkan konektornya seperti membersihkan konektor RAM tadi, yaitu menggunakan penghapus pensil lalu dibersihkan pake kwas halus. Bersihkan juga konektor RAM dan konektor VGA Card di Mainbord dengan kwas halus sambil di tiup-tiup agar debu dan kotoran halus bersih. (bila komputer sobat hanya menggunakan VGA on board lewati bagian ini )
  • Lepas kabel-kabel yang terhubung ke Mainboard dan Harddisk, bersihkan semua konektor nya kemudian pasang kembali dengan benar.
  • Bila semuanya sudah bersih pasang kembali RAM dan VGA pada tempatnya dengan benar. Perhatian ! bila sobat memasang RAM kurang pas /miring /tidak masuk sebagian, hal ini akan menyebabkan RAM rusak, jadi pemasangan RAM , VGA, atau komponen lainnya harus benar-benar diperhatikan untuk menghindari hal-hal yang tidak diinginkan.
  • Langkah terakhir adalah tutup kembali penutup casing CPU dan pasang kembali semua kabel, dan cobalah sobat hidupkan komputer. Biasanya komputer langsung hidup dan berjalan normal kembali
Itulah sedikit tips dari saya mengenai komputer yang tiba-tiba tidak mau start up.Untuk permasalahan komputer yang disebabkan virus atau kerusakan hardware akan saya coba bahas di postingan berikutnya.
Semoga bermanfaat buat sobat semua..........Wasallam.
Ditunggu komentarnya....

{ 0 komentar... read them below or add one }

Posting Komentar