dNWv7S2bxhSzohZDGi4JQgKINhk Cara Mempercepat Kinerja Komputer

Cara Mempercepat Kinerja Komputer

Diposting oleh amanah69 on Minggu, 17 Februari 2013


Cara Mempercepat Kinerja Komputer

Saat ini komputer merupakan alat yang tak terpisahkan hampir di segala bidang kegiatan kita, baik kegiatan formal maupun kegiatan non formal. Komputer adalah alat/media yang terdiri dari perangkat keras (hardware) dan perangkat lunak (software) yang saling berhubungan sangat erat satu sama lain. Apabila salah satu perangkat (hardware atau software) mengalami masalah/gangguan tentu saja akan mempengaruhi kinerja komputer secara keseluruhan.

Untuk itu marilah kita sama-sama belajar mengatasi masalah-masalah mendasar yang sering kita jumpai dalam pengoperasian komputer sehari-hari.

* TTips dan Trik Mempercepat Kinerja  Komputer*

     * Perhatikan Spek Komputer
Bila kita memiliki spek komputer rendah kita harus menyesuaikan program/software yang akan kita instal, jangan memaksakan program/software yang tidak sesuai dengan spek komuputer, karena hal ini akan sangat memberatkan kinerja komputer atau bahkan komputer menjadi ' hang '.

     * Kurangi Efek-Efek Yang Berlebihan

Mempercantik tampilan komputer memang sangat mengasyikan, tetapi perlu diingat bahwa semakin banyak efek tampilan yang kita instal semakin ' menambah ' beban komputer terutama kinerja Virtual Grafis atau biasa disebut VGA. Untuk ' meringankan ' kinerja VGA dan hardware lainnya sebaiknya komputer diseting untuk menambah performa ( kecepatan kinerja ) daripada mementingkan kualitas tampilan. Ingin tahu caranya ? Baiklah ikuti langkah - langkahnya :
Klik kanan icon My Computer => klik kanan Properties => Advance => Performance => Setting => Visual effects.
Disitu ada beberapa pilihan ,kita pilih saja Adjust for best performance.

     *Jangan Menginstal Program- Program Yang Kurang Penting

Usahakan kita menginstal program-program yang benar - benar kita perlukan saja. Program- program yang tidak / jarang digunakan sebaiknya di Uninstall. Untuk program-program ringan sebaiknya kita memiliki program ' mentahannya ' , bila sekali waktu kita perlukan kita tinggal instal dan hapus kembali.

     *Disk Cleanup secara berkala

Hampir setiap kegiatan komputer akan banyak sekali meninggalkan file-file sampah di Hardsik dan bila tidak dibersihkan akan menempati space Harddisk komputer anda. Caranya :
Doble klik My Computer => pilih Lokal Disk C atau D => klik kanan => Properties => Disk Cleanup

     *Lakukan Defragment Harddisk secara berkala

Defragment diibaratkan menyusun atau menata setiap file pada tempat yang semestinya, sehingga akan sangat memudahkan diakses oleh komputer, tidak seperti file - file yang berantakan hal ini tentu saja akan mempersulit atau paling tidak memperlambat waktu peng-acses-an. Caranya adalah sbb:
My Computer => klik kanan Lokal Disk C atau D =>Properties => Tools => Defragment Now

     * Tweaking menggunakan software

Banyak sekali software yang bisa meningkatkan kinerja komputer baik yang gratisan maupun yang berbayar.
Diantaranya adalah Tune Up Utilities, CC Cleaner, RegCleaner dan sebagainya. Selain membersihkan file-file sampah software tersebut dapat membersihkan/memperbaiki  registry dari error. Silakan anda download programnya banyak yang gratis lo....heheh

     *Membuat Virtual Memory

Caranya : My Computer=> klik kanan => Properties => Advance => Performance => Setting => Advance=> Virtual Memory => Change
Kemudian kita isi kolom sesuai Reccomended

     Mudah-mudahan sedikit tips dan trik diatas bisa membantu anda untuk meningkatkan performa/kinerja komputer anda, wassalam.......

{ 0 komentar... read them below or add one }

Posting Komentar